Monday 17 June 2013

Para Bintang Sepakbola yang Terbelit Kasus Pajak


cReamZ™ Lionel Messi kerap dibanding-bandingkan dengan legenda Argentina, Diego Maradona. Dari teknik individu hingga peran sentral di tim. Tapi perbandingan kali ini justru bukan terkait prestasi di lapangan hijau, melainkan masalah hukum.


Pertengahan pekan ini dunia sepakbola dihebohkan dengan dugaan penggelapan pajak yang mendera Messi. Pemain Barcelona itu dicurigai otoritas pajak tidak menunaikan kewajibannya sejak 2006 hingga 2009 lalu dengan nominal mencapai €4 juta (Rp52 miliar).

Kasus yang sama juga pernah membelit Maradona. Pada tahun 2005, Otoritas Pajak Italia mencurigainya telah mengemplang pajak saat membela Napoli dan menuntutnya untuk membayar €37,5 juta. Namun kasus ini dibatalkan dalam putusan banding pada Februari silam. 

Masalah pajak tidak hanya dialami dua superstar Argentina ini saja. Berikut ini sejumlah bintang ternama pernah mengalami kasus yang sama seperti dilansirMarca:

1. Luis Figo 

Pada tahun 2012, pemain asal Portugal diperintahkan membayar €2,5 juta untuk pajak yang belum dibayarkannya dari periode antara tahun 1997 dan 1999. 

2. Samuel Eto'o 
Pada tahun 2012, mantan striker Barcelona dan Real Madrid ini dituduh melakukan penipuan pajak sebesar €3,5 juta yang seharusnya sudah dibayar antara tahun 2006 dan 2009. 

3. Paolo Maldini
 
Mantan bek AC Milan ini diadili tahun 2011 bersama 42 orang lainnya. Maldini dituduh melakukan korupsi dan tindakan ilegal memanfaatkan sistem pajak negara untuk mendapatkan keringanan pajak melalui bisnis real estate. 

4. Clarence Seedorf
 
Pada Juli tahun lalu, restoran milik pemain veteran asal Belanda ini dicurigai belum mengeluarkan pajak sebesar €2,500. 

5. Sepakbola Meksiko
 
Pada tahun 2011, 25 pemain dari beberapa klub Meksiko didakwa melakukan penggelapan pajak.  (umi)

0 comments:

Blogroll

get this widget here